Mantra Sakti Dukun Teknologi

Emulator Yang Dapat Memainkan Game Dengan Grafis Yang Setara Dengan PS2



Dolphin, inilah emulator yang di buat untuk menjalankan game-game buatan Nintendo. Contohnya seperti GameCube, Wii, dll. Tidak cuma disitu Dolphin Emulator dibuat oleh para pengembang Nintendo, sang pendiri dan pembuat konsol GameCube yang setara dengan konsol Playstation2, dan nintendo jugalah yang memproduksi konsol Wii, tentu saja ini membuat Dolphin dapat berjalan dengan lancar karena Nintendo selaku pihak produsen konsol, tau dengan pasti bentuk kode program pada konsol buatanya.

Dolphin ini bejalan dengan lancar dibanding dengan Emulator sejenis, seperti PCSX2, Emulator yang di buat untuk memainkan PS2 pada komputer. tentu saja kelancaran bermain game dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti Versi Emulator dan sepesifikasi komputer. Saya sudah menjajal kedua emulator tersebut, Saya menggunakan Dolphin versi 4.0 8280 di komputer untuk memainkan game 'Resident Evil 4', game tersebut berjalan lancar dengan 30 fps, untuk game yang lain seperti Final Fantasy Cristal Cronicles bisa sampai 60 fps, hampir tidak ada bug yang berarti dan game berjalan dengan baik dengan pengaturan grafis terlebih dahulu.

Dolphin bisa di unduh disini

Perbeda ketika saya menggunakan Emulator PCSX2 untuk memainkan game Black, game tersebut megalami crash pada bagian Vertice dan juga hanya dapat mendapatkan sekitar 14 fps saja. Ini membuat saya kecewa ternya masih banyak bug yang ada di emulator PCSX2.

Spesifikasi Untuk Memainkan Emulator Dolphin


Dolphin sendiri tersedisa untuk Windows, Linux, Dan Android. Untuk spesifikasi Android yang pasti harus dipenuhi adalah dukungan OpenGL 3.0, sedangkan Hardware Android saat ini mungkin masih akan mengalami lag. Namun jika anda memainkan Emulator Dolphin pada komputer, spesifikasinya sebagai berikut, seperti yang saya kutip dari situs resminya:

OS: Emulator Ini Direkomendasikan Hanya Untuk Perangkat 64bit.
Prosesor: Intel Core I5 3570k, Amd 4670k. ( direkomendasikan prosesor dengan 3 core atau lebih. Jika hanya untuk memainkan Rom GameCube, Core2Duo E8400 sudah cukup ).
GPU: NVidia GTX 460, AMD HD5770, Intel HD4000. ( Pastikan menginstal Driver versi terbaru ).
RAM: 2GB keatas.

Pengaturan Grafis Dolphin Pada Windows


1. Dari yang saya rasakan, Dolphin bekerja lebih baik pada DirectX dibanding OpenGL.

2. Untuk pengaturan lain biarkan sperti default.

Sebelum memainkanya, anda harus melakukan konfigurasi kontroler dan Hotkey. Kontroler berfungsi untuk mengontrol permainan, sedangkan Hotkey berfungsi untuk mengontrol dolphin. Yah saya rasa cuma itu saja yang saya share, selebihnya anda bisa tanya-tanya.