Mantra Sakti Dukun Teknologi

Performa Versus Smartphone, Laptop, Dan Komputer.



Anda mungkin memiliki bertanyaan seperti ini 'Buat apa membeli komputer kan ada laptop atau smartphone, bukankan sama saja?'. Taukah kalian setiap perangkat digital seperti yang saya sebutkan di atas memiliki sepesifikasi dan fitur yang berbeda. mereka dirancang dengan desain dan tujuan sendiri-sendiri. Jika kita bandingkan kekuatan pemprosesan smartphone dengan komputer, sangat jelas komputer jauh lebih kuat, lalu apa yang membuatnya berbeda?. sebelum itu kita gali lebih dulu tentang ketiga perangkat tersebut.

Smartphone / Tablet
Smartphone atau ponsel pintar adalah sebuah telephone dengan fitur tambahan, tetapi biasanya dia datang dengan kemampuan komputasi yang lebih baik dari ponsel non Smartphone, dan memiliki Sistem Operasi untuk menjalankan program. smartphone saat ini sudah hampir mengalahkan kepopuleran Laptop karena lebih mudah dibawa kemana-mana dan juga karena kebutuhan seseorang pada telephone untuk berkomunikasi dengan orang lain. Smartphone atau tablet biasanya datang dengan spesifikasi yang tidak dapat di tingkatkan, ini membuat seseorang harus memilih terlebih dahulu agar smartphone tidak cepat ketinggalan teknologi.

Laptop / Notebook
Hampir sama dengan komputer tetapi dia datang dengan desain yang ramping dan mudah di bawa kemana-mana. Selain itu Laptop memiliki spesifikasi yang lebih rendah dengan komputer contoh saja jenis prosesornya. pada laptop, prosesor yang di pakai biasanya hemat energi dan tidak cepat panas ini di karenakan laptop menggunanakan baterai yang memiliki sumberdaya yang tebatas, dan tidak panas karena laptop memiliki fentilasi dan tempat dudukan kipas atau fan yang sempit. Karena kedua faktor tersebut mengakibatkan pihak perakit laptop menggunakan prosesor yang memiliki kemampuan komputasi atau performa rendah.

Selain dari itu perbedaan leptop dengan komputer adalah kebanyakan bagian laptop yang bisa di upgrade adalah RAM dan HDD, bagian lain yang mungkin bisa di ganti adalah CPU dan GPU tetapi ini sangat jarang ditemui laptop yang dapat di ganti pada bagian CPU ( Central Processing Unit ), dan lebih jarang lagi pada bagian GPU ( Graphic Processing Unit ). ini mengakibatkan laptop tidak bisa memenuhi spesifikasi minimum untuk bermain game atau video dan desain 3D Editor.

Komputer
Komputer memiliki spesifikasi yang kompleks tentu ia memiliki kekurangan yaitu bentuk yang besar sehingga hampir tidak bisa di bawa kemana-mana, komputer memiliki komponen yang dapat di ganti, hampir semua komponen pada komputer dapat di ganti. Mulai dari monitor, keyboard, dll. bagian lain yang bisa diganti adalah komponen Motherboard, disana tertanam banyak komponen seperti CPU, RAM, Graphic Card, HDD dan lainnya. selain itu komputer memiliki port yang cukup kompleks sehingga komputer kompatible pada hampir semua komponen input / output seperti Monitor, keyboard, mouse, dan perangkat input yang lain.

Komputer biasanya hadir dengan kemampuan komputasi yang tinggi tetapi masih bisa ditingkatkan bagi keperluan pengguna yang suka menggunakan komputernya untuk bermain game berat diman biasanya dibutuhkan spesifikasi komputer diatas rata-rata, atau digunakan untuk alasan tertentu.

Selain itu pada Sistem Operasinya dapat di ganti, tidak seperti pada smartphone yang kebanyakan hanya dapat menjalankan satu os saja, komputer dapat menjalankan OS ( Sistem Operasi ) lebih dari satu. sehingga banyak aplikasi yang dapat di jalankan pada satu komputer saja. Kegunaan lain komputer juga cukup luas, seperti komputer dapat di jadikan server yang mengatur arus lalulintas internet.

Kesimpulan
Komponen pada setiap perangkat memiliki sepesfikasi yang berbeda, seperti Prosesor. Prosesor yang dipakai oleh komputer memiliki performa yang sangat tinggi di bandingkan dengan laptop atau smartphone, selain itu pada HDD, biasanya komputer memiliki HDD dalam jumlah yang besar sehingga sbanyak data yang dapat di simpan. Bermain Game kemampuan gaming pada perangkat Komputer jauh lebih baik, bagian utama yang bertanggun jawab atas kelancaran bermain game adalah GPU ( Graphic Processing Unit ), semakin bagus GPUnya semakin lancar gamenya. dan masih banya komponen lain yang menjadi faktor pembeda.

Fungsi telephone, komputer bisa saja di beri fungsi ini dengan menambahkan komponen tambahan. tetapi tetap saja pada smartphone ini adalah fitur wajib, sedangkan komputer ini adalah fitur opsional dimana pengguna dapat menambahnya jika mau.