Mantra Sakti Dukun Teknologi

Perbedaan ISO Dan CSO Rom PSP



Biasanya pada jenis file tertentu memiliki algoritma kompilasi tersendiri, kompilasi yang berbeda menghadirkan jenis format file berbeda pula, hal ini dilakukan untuk mendapatkan tujuan tertentu seperti kompresi tinggi, kompilasi yang cepat.

Apa itu ROM?
ROM adalah sebuah data yang berisi informasi digital dimana perangkat pengeksekusi data tidak dapat menulis data pada file dan hanya bisa membaca saja. Dalam kasus ini, konsole PSP sebagai mesin pengesekusi dan ROM merupakan file Game.

ISO
File ISO merupakan citra gambar dari permukaan disk DVD/CD/UMD.
ISO adalah kepanjangan International Organization for Standardization yang merupakan sebuah image file gambar citra dari Disk UMD (termasuk CD/DVD), PSP menggunakan media penyimpan seperti kaset DVD yang berukuran kecil yang di sebut UMD. Dibandind dengan menggunakan Memory Card, keping UMD tergolong jauh lebih murah.

Keuntungan menggunakan ISO adalah Kompilasi lebih cepat, secepat kompilasi pada media penyimpan UMD.

Kekurangan menggunakan file ini adalah ukuran besar karena menggunakan sedikit atau tanpa kompresi data.

CSO
CSO adalah versi Kompresi dari file ISO.

Keuntungan menggunakan file ini adalah ukuran file relatif kecil hingga 10x lebih kecil dari ROM ISO.

Kekurangan adalah lebih banyak proses yang di butuhkan untuk kompilasi format CSO, sehinggah membuat game menjadi lag. CPU akan mengubah CSO menjadi ISO terlebih dahulu, lalu ke bahasa mesin, jadi kecepatan kompilasi berkurang 1 tingkat yaitu CSO ke ISO > bahasa mesin. bahkan ketika anda menggunakan SD Card Class 10, ISO masih tetap menang dalam hal kecepatan.

Keterangan Lain
Tidak ada hubunganya antara ISO dan CSO soal kualitas grafis, jika file CSO yang sedang anda mainkan hasil dari kompresi file ISO, maka kualitas grafisnya adalah sama, yang membedakan hanya kecepatan kompilasi file, dimana ISO jauh lebih cepat.

2 komentar

kalau kita ngubah dulu cso ke iso masih bisa ga dimainin game nya..?

Bisa dong nih tutorialnya

Lewat Android: http://www.dukuntekno.com/2016/10/cara-merubah-file-iso-ke-cso-cso-ke-iso.html

Lewat PC: http://www.dukuntekno.com/2016/10/cara-merubah-file-iso-ke-cso-cso-ke-iso_4.html