Mantra Sakti Dukun Teknologi

Pengertian Perbedaan Memory RAM, Hardisk ( HDD ), Flashdisk



Dukun Tekno akan menjelasakan sedikit tentang perangkat tersebut, Jika anda sering bermain-main dengan gadget anda pastilah tidak asing dengan istilah RAM, HDD, Flashdisk, SD Card, Dan memory lainya. Den terkadang timbul pertanyaan-pertanyaan aneh, seperti Bisakah HDD menggantikan fungsi RAM atau dijadikan sebagai RAM?, pertanyaan ini biasanya muncul jika anda memiliki perangkat dengan ram yang kecil, dan anda tidak memiliki cukup dana untuk membeli ram baru.

Memory RAM berfungsi untuk menyimpan data sistem yang di sebut Physical Memory, Physical memory adalah data-data yang sedang dikerjakan oleh komputer. Bukan tidak mungkin HDD atau perangkat memory lainya dijadikan sebagai Phisical Memory, masalahnya beberapa perangkat komputasi datang dengan pengaturan yang sudah di tetapkan oleh pabrik seperti smartphone, pada komputer hal ini bisa dilakukan. tetapi ada beberapa alasan mengapa perangkat keras RAM dijadikan sebagai penyimpan data Phisical Memory.

RAM Itu Cepat.

RAM sendiri kepanjangan dari Random Access Memory artinya data yang disimpan dalam ram dilakukan secara acak, atau dalam urutan apapun, ini menyingkat waktu penyimpan karena komputer tidak perlu mencari lokasi yang kosong terlebih dahulu. namun pada RAM dibutuhkan arus listrik untuk mempertahankan muatan datanya.


Berbeda dengan HDD ataupun Flashdisk, HDD bekerja dengan mekanisme yang berbeda, HDD tersusun dari plat piring mirip kaset DVD, dan actuator yang bentuknya seperti jarum yang berfungsi untuk membaca data. faktor utama kecepatan pada hardisk ditentukan oleh kecepatan putaran plat piring. Ketika komputer ingin mengakses data, HDD akan mencari terlebih dahulu dimana data disimpan dalam plat piring tersebut, hal ini memekan waktu.
bentuk skema komponen logical gate

Hal serupa juga dilakukan pada Flashdisk. Bedanya dengan HDD, Flashdisk tersusun dari deretan Logical Gate yang tersusun secara seri ( 1 Logic gate untuk 1 bit ), ketika komputer mengakses data pada Flashdisk, Komputer akan menganalisa satu per satu / per grup pada bagian logic gate, bagian mana yang memiliki atau menyimpan alamat yang cocok.

Komputer Butuh Kecepatan

Untuk mendapatkan respon yang cepat dari aplikasi yang sedang di kerjakan, komputer membutuhkan kecepatan bandwidth yang tinggi, disini peran memory RAM yang sebenarnya. Kecepatan RAM bisa sampai puluhan hingga ratusan ribukali lebih cepat dari memory HDD atau Flashdisk, bayangkan jika proses penyimpan pisical data, save data, buka documen, dll dilakukan pada HDD yang hanya memiliki kecepatan Bandwidth maksimal saat ini 6Gbyte/s, hal ini bisa membuat pengguna frustasi karena haru mengalami 'Not Responding'.