Mantra Sakti Dukun Teknologi

Membuat Jaringan LAN



Jaringan adalah sebuah perangkat dengan sirkuit terpadu yang terhubung satu sama lain agar dapat saling bertukar data dan irformasi, disini kita membahas Jaringan LAN, jenis Jaringan ini biasanya dipakai untuk membuat Warnet atau perkantoran.

Kali ini Dukun Tekno akan membuat tutortial cara menghubungkan komputer dalam jaringan LAN ( Local Area Network ). di sini dukun tekno menggunakan OS Windows, tanpa aplikasi apapun, dan tanpa komputer server.

Bahan:

1. Komputer lebih dari satu.

2. Hub / Router yang memiliki port Poe dan Ethernet, dan pastikan Port Ethernet jumlahnya sama dengan komputer, lebih tidak apa-apa tapi kalo kurang ya bakal ada komputer yang nganggur.

3. Kabel RJ45 Jumlah samakan dengan Jumlah Komputer, sedangkan panjang masing-masing kabel di sesuaikan dengan jarak komputer dengan HUB / router.

Langkah-langkah:

1. Sambungkan Komputer dengan HUB / Router dengan kabel RJ45, seperti gambar.

2.  Hidupkan komputer dan Buka pengaturan Jaringan dengan cara Start > Control Panel > Network Internet > Network Sharing Center > Local Area Network > Property.

3. Terbukalah Local Area Network Property lalu pilih TCP/IPv4 > Property.

4. Isi IP adderss untuk komputer 1 : 192.168.1.1 , untuk komputer 2 : 192.168.1.2, terus di tambah 1 sesuai urutan komputer berikutnya. IP address tidak boleh sama, nomor ini di jadikan identidas komputer.

5. Kolom Default gateway untuk bekomunikasi di luar jarigan LAN. biasanya agar komputer di jaringan LAN dapat terkoneksi dengan Internet.

6. DNS di isi seperti gambar pada poin nomor 4.

Untuk mengecek apakah berhasil cobalah melakukan sharing file antar komputer, namun anda harus melakukan pengaturan terlebih dahulu.

Cara Sharing File Di Jaringan Lan Dan Peer To Peer Di Windows.

Share Artikel

Facebook Twitter Google+