2018-08-18

Apa Itu Dolphin Emulator?

Dolphin adalah emulator konsol video game untuk GameCube dan Wii yang berjalan di platform Windows, Linux, macOS dan Android.

Itu rilis perdananya pada tahun 2003 sebagai freeware untuk Windows. Dolphin adalah emulator GameCube pertama yang berhasil menjalankan game komersial. Setelah perkembangan bermasalah di tahun-tahun pertama, Dolphin menjadi perangkat lunak bebas dan open-source dan kemudian mendapat dukungan untuk emulasi Wii . Segera setelah itu, emulator dipindahkan ke Linux dan macOS. Karena perangkat seluler mulai memiliki komputasi yang kuat, menjalankan Dolphin di Android menjadi opsi yang layak.

Dolphin telah diterima dengan baik di media game IT dan video untuk kompatibilitasnya yang tinggi, perkembangan perkembangan yang stabil, jumlah fitur yang tersedia , dan kemampuan untuk bermain game dengan perbaikan grafis di atas konsol asli.

Pembangunan
Origins (2003–2007)
Dolphin pertama kali dirilis pada bulan September 2003 oleh programmer Henrik RydgÄrd (ector) dan F | RES sebagai emulator Nintendo GameCube eksperimental yang bisa boot dan menjalankan game komersial. Audio belum ditiru, dan ada masalah kinerja. Banyak game yang mogok saat start up atau hampir tidak berlari sama sekali; kecepatan rata-rata adalah dari 2 hingga 20 frame per detik (FPS). Namanya mengacu pada nama kode pengembangan untuk GameCube.

Dolphin secara resmi dihentikan sementara pada tahun 2004, dengan pengembang merilis versi 1.01 sebagai versi final dari emulator. Para pengembang kemudian menghidupkan kembali proyek tersebut pada tahun 2005.

Open source, Wii emulation, dan rilis 2.0 (2008–2010)
Dolphin menjadi proyek open-source pada 13 Juli 2008 ketika pengembang merilis kode sumber secara publik pada repositori SVN pada Google Code di bawah GNU General Public License v2 (GPLv2). Pada titik ini, emulator memiliki emulasi Wii dasar diimplementasikan, kompatibilitas Linux terbatas dan GUI baru menggunakan wxWidgets . Pratinjau membangun dan membangun SVN tidak resmi dirilis dengan nomor revisi mereka (misalnya, RXXXX) daripada nomor versi (misalnya, 1.03). Seperti halnya build sebelumnya, perbedaan antara build yang berurutan biasanya kecil.

Relasi arsitektural Wii dekat dengan GameCube membuatnya mundur-kompatibel
Pada Februari 2009, perangkat lunak ini berhasil mem-boot dan menjalankan Wii System Menu v1.0 resmi. Tak lama setelah itu, hampir semua versi perangkat lunak sistem Wii menjadi dapat di-boot.

Pada April 2009, sebagian besar game komersial, GameCube dan Wii, bisa dimainkan sepenuhnya, meskipun dengan masalah dan kesalahan kecil, dengan sejumlah besar game berjalan dengan sedikit atau tanpa cacat. Penyesuaian pada emulator telah memungkinkan pengguna untuk memainkan game tertentu dengan kecepatan penuh untuk pertama kalinya, audio secara dramatis ditingkatkan, dan kemampuan grafis dibuat lebih konsisten selain masalah kecil.

Pada akhir Oktober 2009, beberapa fitur baru dimasukkan ke dalam emulator, seperti skipping frame otomatis, yang meningkatkan kinerja emulator, serta peningkatan stabilitas emulator secara keseluruhan. Juga ditingkatkan adalah fitur NetPlay dari emulator, yang memungkinkan pemain untuk bermain game multiplayer GameCube dan Wii online dengan teman-teman, selama game tidak memerlukan Wii Remote. GUI emulator juga dikerjakan ulang untuk membuatnya lebih mudah digunakan, dan plug-in DirectX menerima pekerjaan lebih lanjut.

Pada 12 April 2010 Dolphin 2.0 dirilis.

3.0 dan 3.5 rilis (2010–2012)
Pada akhir November 2010, pengembang telah memperbaiki sebagian besar masalah suara seperti berderak, menambah kompatibilitas dengan lebih banyak game, dan meningkatkan kecepatan dan akurasi emulasi secara keseluruhan.

Pada Juni 2011, versi 3.0 dirilis. Perilaku user interface yang aneh, crash, gangguan grafis dan berbagai masalah lainnya diperbaiki. Catatan rilis menyatakan bahwa sebagian besar permainan "berjalan dengan sempurna atau dengan bug kecil." Rilis ini menampilkan jendela konfigurasi yang didesain ulang, mesin suara LLE yang ditingkatkan, terjemahan baru, dukungan tambahan untuk speaker Jarak Jauh Wii, perubahan format EFB, grafis debugger dan audio dumping di antara beberapa fitur baru lainnya. Rilis 3.0 dihapus antarmuka plug-in untuk "memungkinkan integrasi yang jauh lebih baik dengan bagian lain dari Dolphin." Para pengembang juga menambahkan back-end video Direct3D 11 dan back-end audio XAudio2 .

Pada 25 Desember 2012, Dolphin versi 3.5 dirilis, menampilkan dukungan untuk meniru Aksesori Broadband GameCube dan Mikrofon . Ini memperkenalkan port FreeBSD, penggantian gratis untuk firmware DSP , dan format file WBFS.

Port to Android and 4.0 release (2013)
Pada 6 April 2013, tim pengembangan Dolphin merilis versi pertama untuk sistem operasi seluler Android Google . Pada September 2013, hanya segelintir perangkat yang berisi perangkat keras untuk mendukung OpenGL ES 3.0 , dengan Google secara resmi mendukung standar dalam perangkat lunak sejak Juli 2014 dengan diperkenalkannya Android 4.3 Jelly Bean . Pertandingan berjalan rata-rata 1 FPS. Pengembang telah menyebut Samsung Galaxy S4 sebagai salah satu ponsel pertama yang mampu bermain game pada kecepatan yang lebih tinggi, tetapi bahkan akan memiliki keterbatasan kinerja yang cukup besar.

Pada 22 September 2013, Dolphin versi 4.0 dirilis, menampilkan perbaikan back-end untuk rendering OpenGL dan audio OpenAL, dukungan pengendali yang lebih luas, peningkatan jaringan, dan tweak kinerja untuk macOS dan Linux build. Beberapa bulan kemudian, versi 4.0.1 dan 4.0.2. dibebaskan, memperbaiki bug minor.

Teknologi warisan, peningkatan akurasi, dan rilis 5.0 (2013–2016)
Pada 12 Oktober 2013 (4.0-155), dukungan Direct3D 9 telah dihapus dari proyek, meninggalkan Direct3D 11 dan OpenGL sebagai dua sisa video yang tersisa. Tim Dolphin menjelaskan ini, menyatakan bahwa plug-in itu "cacat secara inheren" dan mencoba untuk menghindari beberapa kekurangannya "membuang waktu dan memperlambat perkembangan."

Pada 19 Mei 2014, Tim Dolphin mengumumkan bahwa dukungan 32-bit untuk Windows dan Linux akan dibatalkan. Tim Dolphin menyatakan bahwa semakin sulit untuk mempertahankan build 32-bit, dan bahwa rilis 32-bit hanya menawarkan pengalaman yang lebih rendah dibandingkan dengan 64-bit rekan - rekan mereka. Selain itu, sebagian besar pengguna mereka sudah menggunakan CPU 64-bit, dan sebagian besar pengguna dari build 32-bit 64-bit yang kompatibel namun menggunakan 32-bit karena kesalahan. Kombinasi dari faktor-faktor ini membuat dukungan 32-bit tidak diperlukan. Android build 32-bit menderita masalah yang sama, tetapi dukungan ARMv7 tetap untuk satu tahun lagi sampai AArch64 JIT sudah siap dan perangkat tersedia.


Game Boy Advance – GameCube menghubungkan adalah salah satu fitur yang ditiru oleh Dolphin 5.0
Sepanjang tahun 2014, beberapa fitur diimplementasikan ke Dolphin, termasuk emulasi pemuatan disk, dukungan asli untuk kontroler GameCube, emulasi audio yang sempurna, dan perbaikan bug untuk masalah yang telah ada sejak hari-hari awal emulator. Perbaikan unit manajemen memori (MMU) memungkinkan banyak permainan untuk boot dan bekerja dengan benar untuk pertama kalinya. Perbaikan terhadap emulator juga memungkinkan untuk berjalan dengan baik di Android menggunakan prosesor Nvidia Tegra , meskipun dengan sedikit kesulitan.

Dalam koordinasi dengan pengembang emulator VBA-M Game Boy Advance , dukungan untuk menghubungkan Game GameCube dan Game Boy Advance diimplementasikan ke Dolphin pada Maret 2015.

Pada 25 Mei 2015 - tim Pengembangan Dolphin mengumumkan bahwa mereka telah berhasil melisensikan ulang basis kode dari "GPLv2 saja" menjadi "GPLv2 atau yang lebih baru" untuk meningkatkan kompatibilitas lisensi dengan proyek Gratis dan sumber terbuka lainnya dan dapat bagikan dan bertukar kode dengan mereka.

Pada bulan Agustus 2015, pengembang Dolphin mengumumkan perbaikan lebih lanjut dengan audio dan sepanjang Desember 2015 proyek Dolphin memperbaiki masalah audio pada Remot Remotes Wii. Dua bulan kemudian, pada Februari 2016, back-end DirectX 12 digarisbawahi setelah berbulan-bulan pembangunan.

Pada 24 Juni 2016, Dolphin versi 5.0 dirilis, membuat berbagai perbaikan dan penambahan ke emulator.

Post-5.0 perkembangan (berkelanjutan)
Pengembangan penyaji grafis berbasis Vulkan dimulai pada bulan Juni 2016. Setelah satu bulan, pengembang mengumumkan bahwa "sekarang fitur-lengkap" dan bahwa itu "waktu untuk membersihkan-bug / memperbaiki / kinerja " Pengembangan penyaji masih dilakukan di cabang khusus untuk beberapa bulan ke depan hingga akhirnya kode ini digabung pada Oktober 2016.

Pada bulan September 2016, pengembang Dolphin mengumumkan emulator sekarang dapat mem-boot semua judul GameCube resmi. Judul terakhir yang didukung untuk boot-up, Star Wars: The Clone Wars , sangat sulit untuk meniru karena penggunaan unit manajemen memori . Juga mereka mengumumkan bahwa mereka menghapus emulasi Triforce , karena tidak ada pemeliharaan dalam kode emulasi Triforce.

Pada Maret 2017, dukungan ditambahkan untuk Wii Shop Channel.

Dua fitur eksperimental, yang keduanya belum pernah mencapai kedewasaan, telah dihapus pada bulan Mei 2017: DirectX 12 renderer - yang menemukan pengganti yang sesuai di Vulkan back-end - dan emulator CPU alternatif JIT IL .

Melanjutkan pekerjaan awal tahun ini pada hal-hal yang berkaitan dengan kinerja grafis, pengembang Dolphin menerapkan solusi untuk masalah lama yang dikenal sebagai gagap kompilasi shader . Kegagapan ini disebabkan oleh emulator yang menunggu driver grafis untuk mengkompilasi shader yang diperlukan untuk lingkungan atau objek baru. Solusi bahwa Ubershaders - dalam pengembangan sejak tahun 2015 - hadir untuk masalah ini adalah untuk meniru saluran rendering Wii's dan GameCube dengan cara seorang juru bahasa berjalan pada prosesor grafis sistem host itu sendiri sampai shader khusus telah dikompilasi dan dapat digunakan untuk frame masa depan, dengan biaya yang lebih rendah untuk kinerja.

18 Agustus 2017 menandai puncak pekerjaan yang dimulai pada akhir tahun 2016 ketika MMORPG Dragon Quest X lintas platform ditambahkan ke daftar permainan yang dapat dimainkan hanya dua bulan sebelum dukungan untuk fungsionalitas online dari versi Wii dijatuhkan. Penambahan mengandalkan sejumlah fitur yang sebelumnya telah ditambahkan ke emulator hanya demi akurasi, seperti dukungan untuk Wii Shop Channel . Dukungan untuk Wii File System, sistem file terenkripsi yang awalnya dirancang untuk Wii U , juga ditambahkan setelah sejumlah besar rekayasa balik .

Pada paruh pertama tahun 2018, pengembang Dolphin menghentikan gUI wxWidgets dan menggantinya dengan yang didasarkan pada Qt karena batasan GUI asli berdiri di jalan untuk menerapkan fitur baru. Di antara fitur yang baru diperkenalkan adalah Asynchronous Shader Compilation yang mirip dengan Ishiiruka , fitur pembaruan otomatis, dan integrasi dengan Discord.

Fitur
Periferal yang terhubung ke remote Wii yang berkemampuan Bluetooth juga bekerja dengan Dolphin
Fitur Dolphin termasuk kemampuan untuk memulai permainan terlepas dari wilayah , merekam kecepatan yang dibantu alat , dan penggunaan kode cheat dengan Action Replay dan Gecko. Fungsi pengendali GameCube asli dan Wii Remotes dapat dipetakan ke pengendali PC. Emulator memungkinkan penggunaan kontroler GameCube nyata melalui penggunaan adaptor USB dan Wii Remotes melalui koneksi Bluetooth . Ekspansi pengontrol juga didukung, termasuk adaptor Wii MotionPlus, Wii Nunchuk, pengendali Klasik, Gitar, Drum, dan Turntable.

Dua jenis permainan jaringan didukung oleh Dolphin: Emulated local multiplayer dan Nintendo Wi-Fi Connection . Yang pertama hanya berfungsi di antara pengguna Dolphin. Ini berlaku untuk game yang secara default tidak memiliki opsi online. Jenis kedua adalah untuk gameplay online untuk WFC yang didukung game Wii dengan pengguna Dolphin lainnya serta pengguna Wii yang sebenarnya.

Kemajuan permainan dapat disimpan pada Kartu Memori GameCube virtual, memori flash Wii yang ditiru, dan status penyimpanan . Dolphin memiliki fitur Memory Card Manager yang memungkinkan transfer menyimpan file ke dan dari kartu memori virtual GameCube.

Bersamaan dengan emulator VBA-M Game Boy Advance , Dolphin mendukung penautan GameCube dan Game Boy Advance.

Perbaikan grafis

Demonstrasi anti-aliasing menggunakan bentuk sederhana
Seperti banyak emulator konsol lainnya di PC, Dolphin mendukung resolusi acak, sedangkan GameCube dan Wii hanya mendukung hingga 480p.

Dolphin dapat memuat peta tekstur yang disesuaikan. Ini juga dapat memiliki resolusi lebih tinggi daripada tekstur asli. Emulator juga memiliki kemampuan untuk mengekspor tekstur permainan agar seniman grafis untuk mengubahnya.

Dolphin dapat menghasilkan grafik 3D stereoskopis pada setiap platform Dolphin berjalan. Perangkat keras khusus seperti Nvidia 3D Vision juga didukung. Kemampuan untuk bermain game dalam 3D stereoskopik adalah fitur yang tidak pernah dimiliki konsol asli, meskipun Nintendo memang awalnya berencana untuk merilis layar 3D stereoscopic add-on untuk GameCube.

Fitur tambahan untuk lebih meningkatkan kualitas grafis juga tersedia. Dolphin mendukung anti-aliasing spasial , penyaringan anisotropik , shader pengolah pasca- piksel , dan peretasan layar lebar untuk memaksakan keluaran layar lebar pada gim yang tidak mendukungnya secara native. Game juga dapat mencapai frame lebih tinggi dari yang dimaksudkan per detik.

Penerimaan
The Dolphin emulator telah diterima dengan baik oleh komunitas game, dengan kemampuan program untuk menjalankan game pada resolusi yang lebih tinggi daripada GameCube dan resolusi Wi-Fi asli Wiii menerima pujian khusus dari komunitas game. Editor PC Gamer Wes Fenlon menyebutnya "salah satu emulator hanya untuk membuat banyak permainan lebih baik" dan memujinya karena terus-menerus "membuat perbaikan besar, kadang-kadang sangat besar untuk kompatibilitas dan kinerja". Wololo.net memuji kompatibilitas tinggi sistem.

Dolphin telah digunakan oleh beberapa orang sebagai alat untuk mengurangi kekurangan tertentu bagi para gamer; pada tahun 2012, pemilik bisnis dan ayah Mike Hoye, yang telah memainkan The Legend of Zelda: The Wind Waker bersama putrinya dan menyadari bahwa permainan tersebut merujuk pada karakter utama sebagai individu pria tanpa menghiraukan nama yang dimasukkan, mengubah semua permainan teks dialog cutscene untuk merujuk pada seorang gadis daripada seorang anak laki-laki dengan mengeditnya melalui hex editor, menguji ROM game menggunakan Dolphin. Fitur netplay emulator telah dijelaskan oleh ArsTechnica untuk menjadi alternatif dari koneksi Nintendo Wi-Fi yang dihentikan.

Sejak Maret 2017, Dolphin memiliki sekitar 50.000 pengguna aktif harian, menurut analisis keikutsertaan Dolphin's.

Varian
Dolphin Triforce
Logo sistem arcade Triforce
Sebuah versi Dolphin dibuat untuk meniru sistem arcade Triforce berjudul Dolphin Triforce sedang dikembangkan oleh tim Dolphin, tetapi akhirnya dinonaktifkan setelah prioritas pembangunan bergeser dan fitur menjadi tak terawat. Unduhan Dolphin Triforce masih tersedia dari situs web dan kode sumbernya tersedia dari GitHub di repositori khusus.

Dolphin VR
HTC Vive sudah di sini
Dolphin VR adalah proyek pihak ketiga yang bertujuan untuk memperluas Dolphin dengan kemampuan untuk bermain game “dalam Virtual Reality dengan skala ukuran kehidupan yang akurat, FOV penuh, HUD 3D, tujuan independen, dan kemampuan untuk melihat-lihat. ” HTC Vive dan Oculus Rift didukung.

PC Gamer menguji beberapa game dengan Dolphin VR. Metroid Prime dan F-Zero GX menerima pujian yang sangat tinggi dengan satu editor merasa "keajaiban seperti anak kecil ketika memainkan Metroid Prime di VR" dan yang lain menyatakan bahwa "F-Zero adalah hal yang menjual saya pada Dolphin VR".

Rilis terbaru adalah 5.0 dan kode sumber di-host di GitHub . The Free Software Foundation mempertahankan posisi bahwa perangkat lunak GPL tidak dapat digabungkan dengan lisensi Oculus SDK.

Ishiiruka
Logo untuk Ishiiruka
Sebagai tanggapan atas penghapusan dukungan DirectX 9 , pengembang Dolphin, Tino, membuat garpu tidak resmi bernama Ishiiruka pada 18 Oktober 2013. Namanya adalah bahasa Jepang untuk dall's porpoise. Meskipun fokusnya adalah Windows dengan dukungan DirectX 9 dan 11, versi Linux juga ada.

Garpu mencoba untuk memperbaiki masalah kinerja hadir dalam Dolphin seperti microstuttering karena kompilasi shader . Ishiiruka berfungsi sebagai dasar untuk klien kanonik dari komunitas netbook Super Smash Bersaudara Melee Melee Lebih Cepat dan SmashLadder.

John Linneman dari pembicaraan Eurogamer di episode Metroid Prime Oktober 2016 dari seri video Digital Foundry Retro mereka tentang Ishiiruka. Dia membandingkan bermain Metroid Prime melalui Ishiiruka untuk memainkannya pada perangkat keras asli, Wii dan GameCube, dan Dolphin hulu . Linneman berpendapat bahwa "manfaat lebih penting daripada masalah yang lebih kecil yang mungkin Anda hadapi". Dia terus menunjukkan fitur Ishiiruka yang "memungkinkan Anda untuk mendorong visual di luar apa yang dapat Anda capai menggunakan Dolphin standar. Misalnya, Anda dapat menambahkan banyak tambahan tambahan keren seperti kedalaman bidang , ambient occlusion , berbagai jenis koreksi warna dan banyak lagi. Juga perlu dicatat bahwa Dolphin versi ini membantu menghindari gebetan kompilasi shader yang mengganggu rilis resmi emulator dan itu mengarah ke pengalaman yang jauh lebih lancar. ”

Seperti Dolphin, pengembangan di-host di GitHub .
Disqus Comments