Cara Bermain PS2 Di Komputer Menggunakan Emulator PCSX2, Setting, DariFiIe ISO

Cara Bermain PS2 Di Komputer Mengunakan Emulator PCSX2, Setting, Dari FiIe ISO
Bagi anda yang ingin memainkan game-game Playstation2 pada komputer, disini saya telah membuat artikelnya untuk Anda. Banyak sekali game-game terbaik yang telah dirilis untuk konsole Playstation2, mungkin itu sebabnya konsol ini masih memiliki banyak peminat, seperti game Black, Call of Duty 3, Need for Speed Mostwanted, Resident Evil 4, dan masih banyak game-game terbaik lainya. Kali ini saya akan membuat tutorial cara bermain game PS2 menggunakan emulator PCSX2, mulai dari setting graphic, setting kontrol, dan cara bermain dengan rom iso ( bukan rom iso untuk psp ya, khusus untuk ps2 ).

Direkomendasikan Perangkat Komputer Dengan
- Windows Vista / Windows 7 (32bit atau 64bit) dengan DirectX terbaru
- CPU: Intel Core 2 Duo @3.2 GHz keatas atau AMD Phenom II @3,2 GHz keatas.
- GPU: 8800GT atau lebih baik ( untuk dukungan Direct3D10 )
- RAM: 1GB di Linux / Windows XP, 2GB atau lebih pada Vista / Windows 7

Bahan
1. Emulator PCSX2, Unduh di link dibawah, tersedia untuk Windows, Mac ( OS X ), Linux.
2. Bios. Unduh semua model bios dalam satu file archive, link dibawah.
3. Rom / Game Playstation2 berupa file ISO, Cari diinternet.
4. Kontroler Stik, harga sekitar 60rb ke atas.

Langkah-Langkah
Ada 3 tahapan yang harus dikerjakan, yaitu menginstal PCSX & Bios pada emulator PCSX2, yang kedua adalah melakukan setting grafis dan setting kontroler, yang terakhir memainkan game yang berformat file ISO.

Instal PCSX2 Dan BIOS PS2
File bios merupakan model seri PS2 sepert SCPH-10000 yang merupakan PS2 model fat, lalu SCPH-90006 yang merupakan PS2 slim model terakhir, saya sudah menyiapkan semua model bios.

1. Buat folder BIOS, lalu extrack isi file yang di unduh tadi yang berisi folder-folder.
2. Instal PCSX nya, jika ada notif tinggal yas yes aja.
3. Buka PCSX2 1.4.0 yang telah diinstal tadi maka akan terlihat pengaturan dasar, Abaikan dan 'Next'/'Lanjut' terus sampai ke pengaturan BIOS.
4. Jangan centang bagian opsi "Gunakan Pengaturan Semula" > lalu pilih "Cari" > Lalu cari folder dengan file BIOS  yang telah didownload > Rekomendasi pilih folder SCPH-70014.
5. Lalu akan muncul file bios yang di tampilkan yaitu 'USA v02.00' > lalu pilih "akhiri".
6. Setelah memilih "akhiri", akan muncul 2 jendela, yaitu jendela emulator PCSX 1.4.0 dan jendela Program log. Dan dari sini pengaturan BIOS pun selesai.

Setting Performa Grafis
Pengaturan grafis sangat penting karena ini akan mempengaruhi kelancaran game ketika memainkan game dengan emulator PCSX2, game bisa saja berjalan lambat dan banyak lag atau normal. Ketika anda memainkan emulator PCSX2, anda jangan terlalu berharap untuk mendapatkan kinerja yang baik, karena pada umumnya PCSX2 lebih banyak lag jika dibandingkan dengan emulator yang lain seperti PPSSPP, Dolphin, dll. Berikut settingan grafisnya.

1. Pada PCSX2 buka konfigurasi > Video ( GS ) > Pengaturan Plugin.
2. Maka terbuka GSDX setting, Set seperti ini:
  • Adapter pilih VGA Card yang dipakai.
  • Render Pilih Sesuaikan performa game ( ini bagian yg paling mempengaruhi kelancaran game, umumnya OpenGL akan terasa lancar, tetapi beberapa Kartu grafis menyarankan untuk memilih DirectX 11 Hardware )
  • Interlacing pilih None
  • Jangan Centang Alpha Correction
  • Biarkan sisanya menjadi default

Setting Kontroler Stik
1. Colokkan kontroler ke usb komputer.
2. Pada PCSX2 Buka konfigurasi > Controlers ( PAD ) > maka terbuka jendela kontrol stik > pilih pad1 untuk mengatur Stik1.
3. Untuk menetapkan tombol-tombol / Mapping, pada PCSX2 klik salah satu tombol perintah seperti pada ps2, contohnya seperti tombol DPad ( Up, Left, Right, Down ), setelah me klik salah satu tombol tadi, ikuti juga me mencet tombol pada kontroler. lakukan hal yang sama untuk mapping tombol yang lain.

square = tombol kotak
triangle = tombol segi tiga
circle = tombol bulat
cross = tombol silang

Memainkan Game Dari File ISO
1. Pastikan anda sudah memiliki ROM / Game PS2 berformat file ISO
2. Setelah semua pengaturan di atas selesai > Pada PCSX2 > System > Boot SDVD fast > Cari file game berupa file ISO > Selamat bermain.

Pemahaman System Hardware Dan Software
Harus dicatat bahwa hambatan emulator PCSX2 dalam banyak kasus lebih melibatkan performa CPU daripada GPU. Pada dasarnya, CPU yang lebih cepat akan memberi kinerja PCSX2 lebih baik. Tetapi beberapa game dapat diperlambat karena kode GFX unoptimized akibat kartu VGA yang lemah (misalnya Final Fantasy XII dikatakan memanfaatkan GPU sepenuhnya daripada CPU)

Kesalah pahaman yang umum adalah bahwa kecepatan clock yang lebih tinggi menjamin kinerja emulator akan lebih baik. Sementara kecepatan clock merupakan salah satu faktor utama untuk emulasi PCSX2, tetapi clock tidak menentukan kinerja sepenuhnya. CPU baru umumnya cenderung lebih baik daripada CPU lama dengan frekuensi Clock yang sama atau bahkan yang lebih rendah sekalipun. Misalnya, Intel Core 2 Duo prosesor 2,4 GHz umumnya akan mengungguli dual-core prosesor 3,2 GHz Intel Pentium D. Meskipun Pentium D clock yang lebih tinggi, Core 2 Duo lebih cepat karena memiliki mikroarsitektur yang lebih efisien daripada mikroarsitektur dari Pentium D.

Faktor lain yang penting yang menentukan kinerja PCSX2 adalah bahwa prosesor Intel hampir selalu lebih baik dari Prosesor AMD. Hal ini terutama karena Intel dirancang untuk menjalankan software komputer, sedangkan AMD lebih cocok untuk PC gaming. Sedangkan PCSX2 merupakan software semi gamnig, karena dirancang untuk menjalankan game-non-PC.

Hal lain yang juga penting untuk dicatat bahwa walaupun memiliki lebih dari dua core CPU tidak secara otomatis meningkatkan kinerja emulasi dari PCSX2. Hal ini karena Emulator PCSX2 hanya menggunakan dua core saja, sehingga memiliki lebih banyak core tidak akan memberi pengaruh performa. Emulasi dapat ditingkatkan dengan mengaktifkan mtvU hack dalam menu Speedhacks, tetapi tidak banyak membantu, Sekian.

Apa Semua Game File ISO Bisa Dimainkan Di PCSX2?
Jawaban singkatnya adalah Tidak, Walaupun game PS2 berupa file ISO, akan tetapi file iso merupakan format disk kaset, seperti DVD, CD, UMD, BluRay dan format disk lain. dan buka format file program, Contoh saja game PSP yang sama-sama menggunakan format ISO, maka game psp tersebut tidak akan bisa dijalankan di emulator PCSX2. Jika ada pertanyaan lain anda bisa berkomentar, termasuk pertanyaan diluar topik pembahasan artikel ini.