Cara Mengubah Wifi PC / Laptop Menjadi Tethering Hotspot Via CMD (Tanpa Aplikasi)

Mungkin kita lebih sering memanfaatkan Smartphone Android untuk dijadikan sebagai Hotspot Tethering, tetapi tutorial kali ini akan mengubah Wifi pada komputer atau PC Laptop berbasis Windows menjadi hotspot. Sebenarnya ada banyak cara untuk menghidupkan hotspot Wifi di komputer ataupun di laptop, termasuk dengan menggunakan software ataupun tidak. Di sini saya akan memberikan cara yaitu membuat komputer/laptop menjadi hotspot wifi dengan aplikasi cmd.

Langkah Mengubah Wifi Menjadi Hotspot
1. Buka aplikasi Command Prompt (CMD) dengan cara buka 'Start' > 'All Program' > 'Accessories' > 'Command Prompt' (CMD).

2. Maka terbukalah jendela aplikasi CMD, masukkan kode/perintah berikut pada aplikasi CMD (Bisa di Copy Paste).
Setelah menulis/paste perintah diatas, klik Enter.
Setelah menulis/paste perintah diatas, klik Enter.
Setelah menulis/paste perintah diatas, klik Enter. Pengaturan Hotspot wifi diatas memiliki nama Hotspot admin dan passwordnya adalah 12345678.

Langkah Menyambungkan Hotspot Ke Internet
Karena perangkat Wifi pada Laptop / Komputer sudah diseting menjadi Hotspot maka Wifi tadi tidak dapat menjadi penghubung ke Internet, anda membutuhkan perangkat lain seperti Modem 3G/4G yang bisa terhubung ke internet. Tancapkan USB Modem ke laptop atau Komputer, lalu ikuti tutorial dibawah ini.
1. Buka Network and Sharing Center, dengan cara mengklik kanan pada tray icon network (trya icon itu icon-icon yang berjejer di pojok kanan bawah jendela Windows).

2. Lalu pilih koneksi yang memiliki sambungan ke internet.

3. Pilih Local Area Connection > lalu Klik Properties.

4. Maka terbuka jendela 'Local Area Connection Properties', lalu pindah ke tab Sharing (tab Sharing hanya tersedia jika Hotspot Tethering telah diaktifkan), dan centang bagian Allow other network users to connect through this computer's Internet connection, lalu isi Home networking connection dengan nama koneksi Hotspot yang kita buat tadi. Lalu klik OK.

Cara Mengembalikan Hostspot Laptop Menjadi Wifi Biasa
1. Buka aplikasi Command Prompt (CMD) dengan cara buka 'Start' > 'All Program' > 'Accessories' > 'Command Prompt' (CMD).

2. Maka terbukalah jendela aplikasi CMD, masukkan kode/perintah berikut pada aplikasi CMD (Bisa di Copy Paste).

Nah sekarang hotspot sudah bisa dipakai untuk internetan. Cara ini hampir mirip dengan hotspot portabel pada smartphone android yang ada saat ini. Laptop bisa menjadi pemancar WiFi di rumah tanpa membeli router lagi. Bagi yang ingin bertanya silahkan tanyakan di kotak komentar di bawah post ini. Sekian post tentang cara membuat komputer menjadi hotspot wifi dengan cmd. Semoga bermanfaat.

Related Posts:

Cara Membuat Smartphone Android Menjadi Kontroler Game PC

Banyak sekali hal yang bisa kita lakukan bersama Smartphone Android, seperti tema kita hari ini yaitu menjadikan atau mengubah Samartphone Android menjadi stik kontroler PC/Laptop berbasis OS Windows. Dengan memanfaatkan layar touchscreen pada smartphone sebagai media input tombol, menggunakan media jaringan Wifi sebagai penghubung android dan PC, dengan bantuan beberapa aplikasi tambahan, oleh karena itu ada beberapa syarat yang harus terpenuhi untuk bisa memanfaatkan Smartphone Android layaknya Stik kontroller.
Smartphone Android Rasa Stik PC

Syarat Dan Bahan
1. PC / Komputer / Laptop dengan Sistem Operasi Windows 7 / 8 / 10
2. Smartphone Android Jellybean 4.2.2, Kitkat 4.4.2, Lolipop 5.0 / 5.1
3. Pada perangkat PC maupun Android telah tertanam Wifi

Langkah-Langkah
1. Unduh lalu instal aplikasi untuk PC Windows dan Android dari link di bawah ini
2. Setelah itu buka aplikasi Remot Receiver PC yang telah di instal di Komputer, lalu klik OK terus sampai minimize/mengecil di Tray icon (Tray icon itu icon-icon yang berjejer di pojok kanan bawah layar Windows).

3. Atur Wifi yang ada pada PC Komputer / Laptop Windows menjadi Wifi Hotspot, caranya buka aplikasi CMD dengan cara buka 'Start' > 'All Program' > 'Accessories' > 'Command Prompt' (CMD). maka terbuka jendela aplikasi CMD, masukkan kode/perintah berikut pada aplikasi CMD (Bisa di Copy Paste).
Setelah menulis/paste perintah diatas, klik Enter.
Setelah menulis/paste perintah diatas, klik Enter.
Setelah menulis/paste perintah diatas, klik Enter. Pengaturan Hotspot wifi diatas memiliki nama Hotspot admin dan passwordnya adalah 12345678.

4. Sambungkan Wifi pada Smartphone Android dengan Hotspot dari PC yang kita buat tadi. Caranya, aktifkan Wifi Smartphone melalui pengaturan atau melalui bilah status, setelah itu sambungkan dengan Hotspot Wifi PC yang bernama Admin dan passwordnya 12345678.

5. Buka aplikasi Monect PC Portable yang terinstal di Smartphone Android, kemudian pilih jaringan hotspot yang sudah terhubung dengan Android.

6. Pada tahap ini agan sudah bisa menggunakan aplikasi monect sebagai mouse, keyboard dan lain sebagainya, biarkan tetap terbuka selama menggunakanya. Sedangkan untuk menjadikan Smartphone sebagai joystick game, klik logo stick yang berada di tengah-tengah. Kemudian akan terlihat berbagai pilihan stick game, seperti racing  (untuk mobil balap), gamePad (untuk game umum seperti PES), Shooter mode (game perang), fly mode (untuk game kapal perang) dan GTA 5.

7. Silahkan pilih salah satu mode konfiguras joystick yang ada sesuai dengan kategori game yang dimainkan. Setelah itu setting joystick tersebut dengan mapping control game yang ingin dimainkan.

Itulah cara membuat perangkat android menjadi stick PC, sebenarnya dalam video demonstrasi aplikasi Monect tidak hanya dapat membuat smartphone Android menjadi stik Game PC tetapi juga bisa mengontrol aplikasi presentasi seperti Power Point. Untuk mengembalikan Hotspot Tethering menjadi Wifi biasa, buka kembali aplikasi Command Prompt (CMD) di komputer, lalu ketik/pastken perintah berikut, setelah itu enter.
Terimakasih telah mampir di blog saya ini. Jika ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf dan jika anda masih belum paham tentang tutorial diatas, saya sangat senang jika anda berkomentar dan menjelaskan bagian mana yang membingungkan anda karena tentu saya akan membimbing anda dengan sebaik-baiknya. sekian tips trik android dari Dukun Tekno yang dapat saya bagikan dan Semoga berhasil.

Related Posts:

Penjelasan Keunggulan Kekurangan Antara Masing-Masing Printer Tinta Dan Toner

Ketika kita bekerja diruang percetakan, tentunya kita akan menemui alat yang namanya Printer. Printer merupakan sebuah alat mencetak tulisan dan gambar dipermukaan kertas (umumnya kertas, beberapa printer bisa menggambar di permukaan kain). Setiap printer datang dengan kemampuan yang berbeda-beda, memiliki keunggulan dan kekurangan di masing-masing kelasnya. Disini kita akan membahas mengenai kekurangan dan Keunggulan antara Printer Tinta dan Printer Toner.

Printer Tinta dan Printer Toner merupakan sebuah alat yang menghasilkan produk yang sama, tetapi memiliki cara kerja yang berbeda dalam proses pembuatanya. dan inilah yang menimbulkan keuntungan dan kerugian pada kedua printer ini.

Setiap keunggulan dan kekurangan dapat di sesuaikan dengan pribadi masing-masing supaya dapat menghasilkan keuntungan yang lebih, apakah kita sesorang yang mencari efesiensi harga dalam memproduksi hasil cetakan tetapi harus melakukan perawatan terhadap printer, atau kita adalah sesorang yang lebih memilih santai dan tidak terlalu memikirkan keuntungan dan perawatan printer?. Kita akan ulas mengenai kedua jenis Printer ini.

Printer Tinta / Injek / Ink-Jet
Printer Tinta adalah Sebuah printer yang menggunakan tinta sebagai bahan utama untuk mewarnai permukaan kanvas (bisa kertas atau kain,tergantung tujuan printer itu dibuat). Printer tinta terkadang juga disebut sebagai Printer Injek (semprot). hal ini dikarenakan dalam proses pewarnaan kertas, mesin pada Printer Tinta akan menyemprotakan tinta dengan volume yang telah diukur, sedangkan untuk menghasilkan warna yang berbeda-beda, Printer Tintan menggunakan kombinasi warna (percampuran warna dengan perbandingan tertentu untuk mendapatkan warna yang lain).

Printer tinta menggunakan 4 varian warna Tinta yang berbeda yaitu Black (B), Magenta (M / Umumnya sesorang melihat warna Magentha dengan warna Merah), Cyan (C / Umumnya sesorang melihat warna Cyan dengan warna Biru) dan Yellow. Setiap Printer Tinta juga memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, contoh saja Pada Printer Bermerek Epson mungkin akan menggunakan tinta yang berbeda dengan Printer yang bermerek Canon. Ada dua kategori dari tinta inkjet, yaitu dye-based (tinta berbasis pewarna) dan pigment-based (tinta berbasis pigmen). Tinta dye-based menggunakan pewarna yang larut dalam cairan. Tinta pigmen menggunakan bubuk ultra-halus yang larut dalam cairan.

Cara Kerja Printer Tinta
Printer Tinta memiliki bagian Cardtridge, Tangki Tinta, Komponen IC dan Mensin mekanik untuk menggerakkan Cartridge dari kiri ke kanan. Cardtride berfungsi untuk menyemprotkan tinta ke permukaan kertas, Ink Tank untuk menampung tinta, IC (Integrated Circuit / Prosesor) untuk menerjemah sinyal yang dikirim dari kompouter sekaligus mengendalikan Cartridge, seberapa besar tinta yang harus disemprotkan oleh cartdtrige.

Kelebihan Printer Ink Jet
  • Kualitas cetak foto yang tinggi, jika menggunakan kertas foto khusus.
  • Kecepatan tinggi untuk pekerjaan ringan.
  • Harganya perangkat printer lebih murah dibanding Printer laser.
Kekurangan Printer Ink Jet
  • Printer ink-jet tidak bisa menandingi kecepatan cetak printer laser jet yang paling lambat sekalipun.
  • Cartridge tinta relative kecil sehingga harus sering ganti.
  • Harga cetak perhalaman lebih tinggi disbanding dengan printer laser.
  • Warna bisa luntur saat belum kering atau terkena cairan.

Printer Toner / Laser
Printer Toner memiliki panggilan lain yaitu Printer Laser karena dalam proses pewarnaanya menggunakan laser untuk menempelkan tinta bubuk ke permukaan kertas. Berbeda dengan Printer Tinta, Printer Toner menggunakan Bubuk kering namun sama-sama mengunakan 4 varian warna yang berbeda yaitu Black (B), Magenta (M / Umumnya sesorang melihat warna Magentha dengan warna Merah), Cyan (C / Umumnya sesorang melihat warna Cyan dengan warna Biru) dan Yellow. Namun kebanyakan Printer Toner / Laser hanya bisa mencetak warna hitam.

Cara Kerja Printer Toner
Banyak sekali bagian-bagian mekanik (bergerak) dari Printer Toner, namun bagian yang paling utama adalah Laser, IC (Integrated Circuit / Prosesor), Bubuk toner, Drum/Tabung yang berputar dan pemanas. Sebelum permukaan kertas bertemu dengan permukaan drum, drum yang berputar akan disambar oleh laser. Cahaya laser tersebut akan melepaskan ion negatif yang ada pada permukaan drum, sambaran laser akan membentuk pola karakter tulisan atau gambar yang terukir melalui permukaan drum yang tersambar oleh laser dan yang tidak. Tinta bubuk yang halus akan menempel pada drum akibat dari drum yang kehilangan muatan negatifnya dan secara bersamaan dihalangi oleh kertas, tinta tesebut akhirnya menempel di kertas dan proses terakhir adalah memanaskan dan memapatkan tinta bubuk di permukaan kertas.

Kelebihan Printer Laser Jet
  • Kualitas cetak text yang tinggi (kontras hitam dan putih).
  • Kecepatan cetak tinggi.
  • Memiliki beragam pilihan termasuk collator dan stapler.
  • Biaya mencetak kertas lebih rendah karena kebutuhan tinta kecil.

Kekurangan Printer Laser Jet
  • Output foto lebih buruk (karena pada laser ada resolusi halaman dengan satuan pixel).
  • Harga printer laser warna lebih mahal dari pada ink jet warna.
  • Kemungkinan cetak warna yang tidak pas pada printer LED membuat gambar menjadi kabur.
  • Output printer tinta padat bisa membuat paper jam mesin fotokopi atau scanner dengan auto feeder.
  • Jika mesin utama rusak, resiko besar menjadi barang sonsokan

Related Posts:

Laptop Dengan GPU Card

Bisakah sebuah laptop dipasangi sebuah graphic card? jawabanya adalah bisa tidak bisa iya. Kenapa begitu? Yah, karena perangkat laptop hadir dengan bentuk yang minimalis dan mobile, namun sebagian orang juga menuntut kemampuan dan performa gaming yang baik, oleh karenanya beberapa vendor laptop dan graphic card berusaha membuat perangkat laptop yang mampu memainkan game terbaru dengan baik dan dapat diupgrade. Hal ini merupakan kabar baik bagi developer ataupun seseorang yang suka dengan kebisaan oprek komputer atau laptop.

Bentuk VGA Card pada laptop berbeda dengan VGA Card yang biasa ditemui pada koputer PC, bentukanya tipis biasanya tanpa fan heatsink untuk memangkas ukuran dan juga memiliki slot yang berbeda pula, pada laptop disebut port MXM. Anda bisa melihat gambar diatas untuk lebih jelasnya. Laptop yang memiliki slot VGA Card biasanya memiliki ukuran yang agak lebih tebal dibanding dengan ukuran Laptop pada umumnya.

Koneksi Graphic Card Pada Laptop Selain Port MXM
Walau mirip dengan slot kartu grafis yang terhubung melalui MXM, tetapi tidak semua notebook dapat dihubungkan dengan kartu grafis eksternal, hal ini dikarenakan sebagian besar antarmuka tidak memiliki arsitektur PCIe dan tidak mampu mencapai kecepatan bandwidth yang dibutuhkan. Misalnya, bandwidth rendah dari antarmuka USB 2.0, Firewire, slot kartu SD, dll. Dan bandwith tertinggi dari USB 3.0 yang bisa mencapai kecepatan transfer yang tinggi, tetapi tidak memiliki arsitektur PCIe. selain itu driver grafis juga akan diperlukan untuk bisa menggunakan kartu grafis eksternal. Berikut beberapa port yang dapat dipasangi graphic Card.

ExpressCard
Sambungan melalui slot ExpressCard merupakan hal yang paling umum. Mendukung kecepatan bandwidth hingga 5 Gbits. Dibandingkan dengan USB 3.0, standar ini memiliki koneksi x1 PCIe, sehingga memungkinkan untuk dapat dihubungkan dengan kartu grafis.

mPCIe
Slot mPCIe jarang digunakan untuk menghubungkan kartu grafis. Karena biasanya port ini kebanyakan digunakan untuk WLAN atau juga modul Bluetooth. Sayangnya, slot ini berada di bagian bawah notebook dan pihak produsen sering tidak melakukan soldering beberapa sambungan PCIe penting. Slot mPCIe memiliki koneksi x1 PCIe dan koneksi USB 2.0.

Thunderbolt
Thunderbolt dikembangkan oleh Intel bekerjasama dengan Apple. Tercatat sejak akhir 2013, thunderbolt memiliki kecepatan bandwidth 20 Gbits dengan koneksi x4 PCIe. Thunderbolt saat ini merupakan antarmuka tercepat untuk menghubungkan kartu grafis eksternal. Karena kompleksitas antarmuka dan karena hanya beberapa adapter yang ditawarkan, harga sebuah adapter grafis sangat tinggi.

Related Posts:

Cara Menghapus Kode Ikan Adsvertisement Yang Tersembunyi Di Template Blog

Lama gak nulis artikel, dukun tekno mulai balik lagi untuk membagikan mantra-mantra ajaib bagi pembaca setia Dukun Tekno, dan kali ini saya ingin membagikan cara menghapus kode iklan tak dikenal dari template. Menjadi seorang blogger tidaklah asing dengan namanya iklan atau adsvertisement, iklan merupakan sumber pendapatan bagi seorang bloger dan oleh sebab itu banyak pemblogger menggunakan berbagai cara supaya iklannya dapat di lihat oleh banyak orang, salah satunya dengan memasang kode iklan ke template yang akan ia bagikan, sebenarnya hal ini beresiko karena bisa saja kode iklan yang ia pasang akan dipasang ke situs terlarang oleh pihak lain dan akhirnya membuat akun iklan miliknya di banned, ini seperti salah satu dari kebijakan Google Adsense yang melarang menampilkan iklan dibeberapa situs dengan kategori tertentu.

Yup! Google Adsense merupakan penerbit iklan yang paling populer karena kualitas dan nilai pembayaran yang termasuk tinggi, tetapi untuk mendapatkan akun adsense yang terverifikasi ternyata cukup sulit, banyak para blogger yang rela membeli akun adsense dengan harga jutaan rupiah.

Berbicara mengenai kode iklan yang terpasang ditemplate, Template bisa dikatakan sebagai wajahnya blog, mengatur struktur tampilan dan style blog, didalam template terdiri dari kode-kode yang membentuk struktur termasuk didalamnya juga berisi kode iklan. Umumnya seorang blogger tidak mau repot-repot untuk membeli template dan lebih memilih untuk mendapatkan Template secara gratis dari internet. Karena hal ini lebih mudah dan instan ketimbang repot-repot membeli dan ternyata ada template gratis yang memiliki tampilan yang lebih bagus. Tetapi sayangnya terkadang didalam template gratis tersebut telah disusupi oleh kode iklan dari pihak lain, entah itu dari pihak pengembang template yang asli atau seseorang yang hanya melakukan edit kode template dan mensharenya kembali.


Disini dukun tekno ingin menjelaskan mengenai cara membersihkan kode template yang telah terpasang kode iklan. pernah suatu ketika waktu awal-awal ngeblog saya sering menggonta-ngganti template blog dan menemukan template yang telah terpasang beberapa unit iklan dari pihak lain, tentunya saya tidak ingin blog saya dijadikan sumber keuntungan oleh pihak lain dan saya pun mencari cara untuk menghapus unit iklan tersebut. Berikut cara yang saya lakukan:

Langkah Hapus Kode Iklan Didalam Template
1. Pertama-tama anda bisa buka template melalui mode "Edit HTML". dengan cara, Blogger > Dashboard > Template > Edit HTML.

2. Terbukanya Template dalam mode Edit HTML maka akan terlihat semua kode Template nya.

3. Langkah ke 3 adalah menemukan kode iklannya, untuk mencari kode iklan biasanya dalam kode iklan akan ada baris kode dengan kata "ads" atau "ad". Cari kata "ads" menggunakan fitur pencarian bawaan browser dengan cara tekan bersama-sama tombol CTRL+F, jika menggunakan Browser Firefox maka kolom untuk mengisi kata "ads" akan muncul di pojok kiri bawah dan jika menggunakan Chrome akan muncul di pojok kanan atas. Isikan kata "ads" tadi lalu Enter.

4. Maka ketemulah semua baris kode yang memuat kata "ads". Eitss!! tetapi setelah ini jangan hapus dulu baris kode "ads" nya. Kita cari dulu apakah kode tersebut memang merupakan kode iklan atau bukan.

5. Untuk mencari tahu kode tersebut merupakan kode iklan atau tidak, biasanya kode iklan tersusun dari javascript, ada iklan ID terdiri dari nomer unik. Bentuk kodenya kurang lebih seperti ini.

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<!-- dukuntekno sidebar responsif -->
<ins class="adsbygoogle"
     style="display:block"
     data-ad-client="ca-pub-4794354245665322"
     data-ad-slot="4754769498"
     data-ad-format="auto"></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

6. Setelah anda yakin kode tersebut merupakan kode iklan dari pihak lain, hapus kode tersebut mulai dari kode <script async sampai kode </script>.

7. Jangan lupa untuk mencari kode iklan lain yang mungkin masih bersemayam / terinstal di template blog anda yang dilakukan oleh pihak lain.

Related Posts: