Mantra Sakti Dukun Teknologi

Perbedaan Anti Aliasing Dan Anisotropic Filtering


Anti Aliasing


Antialiasing merupakan sebuah metode pada grafik digital yang digunakan untuk meningkatkan kualitas citra grafis, tujuan utama anti aliasing adalah menghilangkan gerigi pada bagian tepi polygon sehingga tampak lebih halus. Walau begitu hal ini akan mengorbankan beberapa performa dan memory, dengan beberapa peningkatan kualitas dan metode yang berbeda yang akhirnya menghasilkan jenis-jenis metode anti aliasing seperti FXAA, MSAA, SSAA, dll. Anda bisa melihat macam-macan jenis antialiasing dengan mengikuti link berikut, disini.

Anisotropic Filtering


Anisotropic filtering mempengaruhi tekstur yang Anda lihat dari aspek sudut, seperti gambar diatas. Lihat bagian gambar yang dekat dengan anda, tekstur akan terlihat tajam dan jernih, tetapi jika melihat bagian gambar yang jauh, gambar mulai kabur. anisotropic filtering memadukan tekstur yang ada dengan cara yang memungkinkan mereka tetap tajam dan dari berbagai sudut penglihatan. Pada kartu modern, anisotropic filtering seharusnya tidak menyebabkan penurunan kinerja yang sangat besar, bahkan pada tingkat yang lebih tinggi seperti proses 16x.

Kesimpulan

Walaupun keduanya sama-sama fitur untuk meningkatkan kualitas grafis, tetapi keduanya bekerja pada bagian yang berbeda. Antialiasing menghilangkan/menghaluskan gerigi pada bagian tepi polygon, sedangkan Anisotropic filter meningkatkan ketajaman pada texture gambar buram karena kemiringan sudut gambar.