Mantra Sakti Dukun Teknologi

Cara Bermain PS2 Di Komputer Menggunakan Emulator PCSX2, Setting, DariFiIe ISO


Cara Bermain PS2 Di Komputer Mengunakan Emulator PCSX2, Setting, Dari FiIe ISO

Bagi anda yang ingin memainkan game-game Playstation2 pada komputer, disini saya akan membuat artikelnya. Memang banyak game-game terbaik yang dirilis untuk konsole Playstation2, mungkin itu sebabnya konsol ini masih memiliki banyak peminat, seperti game Black, Call of Duty 3, Need for Speed Mostwanted, Resident Evil 4, dan masih banyak game terbaik lainya. Kali ini saya akan membuat tutorial cara bermain game menggunakan emulator PCSX2, mulai dari setting graphic, setting kontrol, dan cara bermain dengan rom iso ( bukan rom iso untuk psp ya, khusus untuk ps2 ).

Pemahaman System Hardware Dan Software

Harus dicatat bahwa hambatan emulator ini dalam banyak kasus lebih melibatkan performa CPU daripada GPU ( kartu video ). Pada dasarnya, CPU yang lebih cepat akan memberi kinerja PCSX2 lebih baik. Tetapi beberapa game dapat diperlambat karena kode GFX unoptimized atau karena kartu GPU yang lemah ( misalnya Final Fantasy XII dikatakan menggunakan GPU Anda sepenuhnya daripada CPU )

Kesalah pahaman yang umum adalah bahwa kecepatan clock yang lebih tinggi menjamin kinerja emulator akan lebih baik. Sementara kecepatan clock merupakan salah satu faktor utama untuk emulasi PCSX2, tetapi tidak menentukan keberhasilan. CPU baru umumnya cenderung melakukan lebih baik daripada yang lama dengan frekuensi Clock yang sama bahkan yang lebih rendah sekalipun. Misalnya, Intel Core 2 Duo prosesor 2,4 GHz umumnya akan mengungguli dual-core prosesor 3,2 GHz Intel Pentium D. Meskipun Pentium D clock yang lebih tinggi, Core 2 Duo lebih cepat karena mikroarsitektur Core Core 2 Duo menjadi lebih efisien daripada mikroarsitektur dari Pentium D.

Faktor lain yang penting yang menentukan kinerja PCSX2 adalah bahwa prosesor Intel hampir selalu lebih baik dari Prosesor AMD. Hal ini terutama karena Intel lebih tepat dirancang untuk menjalankan software komputer canggih, sedangkan AMD lebih cocok untuk PC gaming. Sedangkan PCSX2 merupakan software semi gamnig, karena dirancang untuk menjalankan game-non-PC.

Hal ini juga penting untuk dicatat bahwa memiliki lebih dari dua core CPU tidak secara otomatis meningkatkan kinerja emulasi dari PCSX2. Hal ini karena Emulator PCSX2 hanya menggunakan dua core saja, sehingga memiliki lebih banyak core tidak akan memberi pengaruh performa. Emulasi dapat ditingkatkan dengan mengaktifkan mtvU hack dalam menu Speedhacks, tetapi tidak banyak membantu.

Direkomendasikan Perangkat Komputer Dengan

- Windows Vista / Windows 7 (32bit atau 64bit) dengan DirectX terbaru
- CPU: Intel Core 2 Duo @3.2 GHz keatas atau AMD Phenom II @3,2 GHz keatas.
- GPU: 8800GT atau lebih baik ( untuk dukungan Direct3D10 )
- RAM: 1GB di Linux / Windows XP, 2GB atau lebih pada Vista / Windows 7

Bahan

1. Emulator PCSX2, Unduh di sini tersedia untuk Windows, Mac ( OS X ), Linux. Lalu Instal.
2. Bios. Unduh semua model bios dalam satu file archive.
3. Rom / Game Playstation2 berupa file ISO, Cari diinternet.
4. Kontroler Stik, harga sekitar 60rb ke atas.


Ada 3 tahapan yang harus dikerjakan, yaitu menginstal PCSX & Bios pada emulator PCSX2, yang kedua adalah melakukan setting grafis dan setting kontroler, yang terakhir memainkan game yang berformat file ISO.

Instalasi PCSX Dan File BIOS

File bios merupakan model seri PS2 sepert SCPH-10000 yang merupakan PS2 model fat, lalu SCPH-90006 yang merupakan PS2 slim model terakhir, saya sudah menyiapkan semua model bios.

1. Buat folder BIOS, lalu extrac isi file yang di unduh tadi yang berisi folder-folder.
2. Instal PCSX nya, jika ada notif pilihan tinggal yas yes aja.
2. Buka PCSX2 1.4.0 yang telah diinstal tadi maka akan terlihat pengaturan dasar, Abaikan dan 'Next'/'Lanjut' terus sampai ke pengaturan BIOS.
Buka PCSX2 1.4.0 yang telah diinstal tadi maka akan terlihat pengaturan dasar, Abaikan dan 'Next'/'Lanjut' terus sampai ke pengaturan BIOS.

3. Janagan centang 'Gunakan Pengaturan Semula' > lalu pilih 'Cari' > Lalu cari folder file BIOS > Rekomendasi pilih folder SCPH-70014.

4. Lalu akan muncul file bios yang di tamplkan seperti pada gambar di atas yaitu 'USA v02.00' > lalu akhiri.
Lalu akan muncul file bios yang di tamplkan seperti pada gambar di atas yaitu 'USA v02.00' > lalu akhiri.

5. Setelah memilih akhiri, akan muncul 2 jendela, yaitu jendela emulator PCSX 1.4.0 dan jendela Program log. Dan pengaturan BIOS pun selesai.

Setting Grafis Agar Lancar

Pengaturan grafis sangat penting karena ini akan mempengaruhi kelancaran game ketika dimainkan

1. Pada PCSX2 buka konfigurasi > Video ( GS ) > Pengaturan Plugin.
Setelah memilih akhiri, akan muncul 2 jendela, yaitu jendela emulator PCSX 1.4.0 dan jendela Program log. Dan pengaturan BIOS pun selesai.
2. Maka terbuka GSDX setting, Set seperti ini:
- Adapter pilih VGA Card yang dipakai.
- Render Pilih Sesuaikan performa game ( ini bagian yg paling mempengaruhi kelancaran game, umumnya OpenGL akan terasa lancar, tetapi beberapa Kartu grafis menyarankan untuk memilih DirectX 11 Hardware )
- Interlacing pilih None
- Jangan Centang Alpha Correction
- Biarkan sisanya menjadi default


Kontroler


1. Colokkan kontroler ke usb komputer.
2. Pada PCSX2 Buka konfigurasi > Controlers ( PAD ) > maka terbuka jendela kontrol stik > pilih pad1 untk mengatur Stik1.

3. Untuk menetapkan tombol-tombol/ Mapping, pada komputer klik salah satu tombol perintah seperti pada ps2, seperti DPad ( Up, Left, Right, Down ), setelah me klik salah satu tombol tadi, ikuti juga me mencet tombol pada kontroler. lakukan hal yang sama untuk mapping tombol yang lain.

square = tombol kotak
triangle = tombol segi tiga
circle = tombol bulat
cross = tombol silang

Colokkan kontroler ke usb komputer.


Bermain Dari File ISO

1. Pastikan anda sudah memiliki ROM / Game PS2 berupa file ISO
2. Setelah semua pengaturan di atas selesai > Pada PCSX2 > System > Boot SDVD fast > Cari file game berupa file ISO > Selamat bermain.

Share Artikel

Facebook Twitter Google+