Perbedaan ISO Dan CSO Rom PSP

Biasanya pada jenis file tertentu memiliki algoritma kompilasi tersendiri, kompilasi yang berbeda menghadirkan jenis format file berbeda pula, hal ini dilakukan untuk mendapatkan tujuan tertentu seperti kompresi tinggi, kompilasi yang cepat, keamanan, dll. Sebelum ke pembahasan selanjutnya, pertama-tama kita perlu ketahui dulu apa itu ROM.

Apa itu ROM?
ROM adalah sebuah data yang hanya bisa dibaca saja dan tidak bisa diedit. Dalam kasus ini, konsole PSP sebagai mesin pengesekusi dan ROM merupakan file Game.

ISO


File ISO merupakan citra gambar dari permukaan disk DVD/CD/UMD ISO adalah kepanjangan International Organization for Standardization yang merupakan sebuah image file gambar citra dari Disk UMD (termasuk CD/DVD), PSP menggunakan media penyimpan seperti kaset DVD yang berukuran kecil yang di sebut UMD. Dibanding dengan menggunakan Memory Card, keping UMD tergolong jauh lebih murah dan oleh karena itu pihak sony menggunakan media UMD untuk menekan harga.

Keuntungan menggunakan file ISO adalah Kompilasi lebih cepat, secepat kompilasi pada media penyimpan UMD atau bahkan lebih cepat.

Kekurangan menggunakan file ini adalah ukuran besar karena menggunakan sedikit atau tanpa kompresi data sehingga akan memakan banyak ruang memory.

CSO
CSO adalah versi Kompresi dari file ISO.

Keuntungan menggunakan file ini adalah ukuran file relatif kecil hingga 10x lebih kecil dari ROM ISO.

Kekurangan adalah lebih banyak proses yang di butuhkan untuk kompilasi format CSO, proses kompilasi terjadi selama memainkan game, sehinggah membuat game menjadi lag. CPU akan mengubah CSO menjadi ISO terlebih dahulu, lalu ke bahasa mesin, jadi kecepatan kompilasi berkurang 1 tingkat yaitu CSO ke ISO > bahasa mesin. bahkan ketika anda menggunakan SD Card Class 10, ISO masih tetap menang dalam hal kecepatan.

Keterangan Lain
Tidak ada hubunganya antara ISO dan CSO soal kualitas grafis, jika file CSO yang sedang anda mainkan hasil dari kompresi file ISO, maka kualitas grafisnya adalah sama, yang membedakan hanya kecepatan kompilasi file, dimana ISO jauh lebih cepat.