Daftar Error Dan Cara Atasinya Pada Game PES

Game Pes adalah salah satu game terkenal didunia, tetapi tentunya banyak error yang terjadi secara tak terduga. Disini saya akan membagikan jenis error apa saja yang mungkin terjadi pada game Soccer populer, agar lebih ringkasa saya mengumpulkan sema artikel saya yang membahas mngenai Error pes, mulai dari seri Pes 2013, 2014, 2015 dan 2016. Cekidoottt!! bradar!

Cara Mengatasi Error Kode 0xc0000022
Untuk mengatasi error ini cukup mudah, matikan Antivirus agan, maka selesai sudah masalahnya. Atau tandai game PES sebagai program yang aman untuk dijalankan, error ini biasa disebabkan file crack pada game pes bajakan.

Atasi Masalah Pesan Error 0xc0000142 Dan 0xc000035a
Anda bisa mencoba salah satu cara dibawah ini, saya urutkan dari cara termudah:

Run As Admin
Klik kanan pada icon Game > lalu pilih 'Run as adminitrator'. Jika masih gagal lanjut cara selanjutnya

Instal Ulang Visual C++ 2010 64, 32 bit dan DirectX.
Anda tidak perlu mendownload file VC++ atau DirectX nya, cukup buka folder instalasi game lalu buka folder '_CommonRedist' seperti gambar di atas instal file2 yang ada disana, hal sama juga dapat ditemukan pada pes2015.

Setting Registry
Di registri ini kita akan mdisable LoadAppint_DLLS
1. Buka Registry Editor dengan cara Start > Run ( or Win + R ) > ketikkan regedit > ok/enter.
2. Lalu Cari folder AppInit_Dlls, alamat registrinya dibawah ini.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Windows\AppInit_Dlls

3. Double click LoadAppInit_DLLs and rubah valuenya menjadi 0 > lalu Ok.
4. Restart PC.

Instal Ulang Driver VGA
Anda bisa menginstal lewat cd driver bawaan VGA, jika tidak punya anda bisa mendownloadnya dari internet. Untuk download driver VGA dari internet anda harus tau tipe VGA, dan nama OS, lalu versi OS. Contoh: 'HD 5450 Windows 64' cari lewat pencarian google. Setelah menginstal Driver, Restart PC.

Atasi Error "Cannot Play / Unsuported In 16 Bit"
Eror ini disebabkan karena anda menggunakan komputer pada mode 16, pada pengaturan defaultnya komputer menggunakan 32 bit. buka driver / Desktop Prperties atur agar menggunakan 32 bit.

Force Close Saat Loading / Keluar Secara Tiba-Tiba
Biasanya di sebabkan karena Antivirus Windows Defeder memblok arus data yang di lakukan oleh PES, tentunya ini terjadi bila menggunakan Windows 8 keatas. cara atasinya sebagai berikut:
1. Buka windows defender lewat fitur search.
2. Setelah Windows Defender terbuka > pilih Setting > exclude file and location > cari file extensi Pes yang ada di folder instalasi > Enter.
3. Klik sekali pada pes di kolom file location > Lalu Add > Setelah itu save setting.
4. Ingat! exclude file and location dan file location adalah berbeda, jangan sampai salah mengartikan.

Perbaiki Pesan Error 'The dynamic library rld.dll failed to load'
Penyebab munculnya pesan error ini adalah hilangnya file RDL.DLL pada folder instalasi Pes 2013 maupun pes 2014. Nah, lalu kenapa file rdl.dll bisa hilang? kebanyakan file ini hilang karena Antivirus menganggapnya sebagai file cradking yang ilegal, sehingga file ini dihapus dari komputer. Dukun Tekno akan memberi tips car melakukan fix / berbaikan error ini, tentunya cukup mendownload file rdl.dll lalu diletakkan ke folder instalasi pes 2013 atau 2014 ( C:\Program Files\KONAMI\Pro Evolution Soccer 2013/2014 ).
1. Bahan

2. Letakkan copy lalu paste file rld.dll di folder instalasi pes.

Kode Error 0x000007b / XINPU1-3.dll
Masalahnya pesan error ini muncul karena bukan satu faktor saja penyebabnya, saya sendiri juga tidak terlalu megerti penyebab utamanya, berbagai situs saya kunjungi untuk menghilankan error namun juga tidak efekti, artinya harus ada lebih dari satu cara untuk mengatasinya, berikut ada beberapa langkah yang mungkin bisa menghilangkan pesan Error tersebut, saya urutkan dari langkah termudah.

Audio Terdisable
Ini bisa disebabkan karena driver tidak terinstal atau anda menggunakan driver audio versi lama, atau juag audio di disable dari Services windows.
1. Instal audio driver versi terbaru.
2. Ketik Home ( Logo Win ) + R > isi 'services.msc' > Enable dan set Automatic pada semua baris yang menggunakan istilah audio / sound.

Instal .Net, VC++, Dan DirectX9
Jika Error 0xc000007b muncul ketika bermain game, cobalah instal 3 aplikasi yang saya sebutkan di atas. Untuk .Net dan VC++ download dari situs resmi yaitu Microsoft, sedangkan Direct silahkan cari di google banyak koq yang nyediain. .Net ( Framework ) ada bebrapa versi, instal semuanya begitupun VC++ ( Visual C Plus-plus ) instal semua versi dari 2005 sampai 2015.

Reinsatal Aplikasi
Reinstal aplikasi dapat memperbaiki jenis error ini, ini mungkin di sebabkan karena ada file korup atau hilang dari bagian aplikasi tersebut.

Mengatasi Error VRAM Dan GPU Tidak Terdeteksi Unable / No Detect nVidia, AMD, Intel
Error ini disbabkan karena program Pes tidak dapat mendeteksi dengan benar versi DirectX11, untuk itu dibutuhkan aplikasi untuk mengatur agar Pes bisa mendeteksi adanya DirectX verisi 11. Sebenarnya ada cara lain, tetapi menurut saya ini adalah cara tercepat, berikut langkah-langkahnya:
1. Unduh file dari link ini DXCPL Properties (Google Drive, Mediafire)
2. Didalamnya ada file DXcpl untuk 64 dan 32 bit, buka aplikasinya sesuai OS Windows agan.
3. Setelah terbuka, Pilih menu Edit List, maka terbuka file explorer, pilih program game PES nya seperti Pes2013.exe / Pes2014.exe / Pes2015.exe / Pes2016.exe
4. Pada Feature Leve Limit pilih 11_0, ini karena PES2015 dan 2016 diprogram untuk DX11.0

Lag Saat Bemain Pro Evolution Soccer
Lag ini di sebabkan karena kemampuan mesin yang terbatas, Upgrade mesin CPU dan GPU lebih di anjurkan. tetapi Dukun Tekno mau kasih beberapa tips selain mengupgrade Hardware jadi tak perlu mengeluarkan ongkos, ada 2 cara dan bisa di kombinasikan, yaitu mensetting low an menghilangkan penonton supaya game lebih lancar.

Cara Mengurangi Kualitas Grafis
1. Cari folder instalasi > lalu buka setting.exe
2. Pada pengaturan Grafis, atur Low > Save.

Menghilangkan Penonton
Untuk Pes2014:
1. Download Crowd https://drive.google.com/file/d/0B4-R_Gk1XOWTaXRLMGR5TXBGT00/view?usp=sharing
2. Extrack ke dalam folder instalasi Pes2014

Untuk Pes2015:
1. Download Crowd https://drive.google.com/file/d/0B4-R_Gk1XOWTRkxQNkx2emQwRTQ/view?usp=sharing
2. Extrack > Klik Sekali pada file > klik kanan > run as admin, maka terbuka aplikasi Crowd .
3. Pilih Open dt30.cpk > cari file dt30.cpk di folder data di instalasi Pes2015 > pilih Disable Crowd.